Apr 21, 2013

Benarkah Jika Mendengarkan Musik Keras Dapat Mengganggu Pendengaran?

Dampak mendengarkan musik keras
Pernahkah anda mendengar tentang Metalhead? Ya, Metalhead adalah sebutan untuk seseorang yang menyukai musik metal. Bagi para metalhead mungkin kalian sering mendengar bahwa mendengarkan musik metal atau mendengarkan musik keras dapat mengganggu pendengaran.

Lalu, mungkin timbul lah dalam benak anda apakah mendengarkan musik keras dapat mengganggu pendengaran atau merusak telinga tersebut adalah benar? Sebagian ahli telinga akan menjawabnya ‘tidak.’

Lalu apa alasan mereka menjawab tidak? Dijelaskan oleh Profesor Gary Housley dari Universitas NSW. Ia mengatakan bahwa telinga manusia telah diciptakan dengan kekuatan mampu menahan suara keras hingga ledakan sonic.

Setiap telinga manusia memproduksi hormon yang dipersiapkan untuk menerima datangnya suara kencang, salah satunya pada musik. Itu juga berlaku untuk melindungi telinga dari suara yang datangnya secara tiba-tiba.

Pernyataan Profesor Gary Housley tersebut disetujui oleh Peter Throne yang merupakan seorang professor dari Universitas Auckland. Ia juga mengatakan "Hal ini menunjukkan bahwa telinga kita alami beradaptasi dengan lingkungan mereka, sedikit seperti pupil pada mata yang melebarkan atau menyempitkan dengan cahaya, tapi akan terbiasa seiring waktu.”

Jadi, para metalhead jangan terlalu hawatir soal mitos bahaya mendengarkan musik keras bagi telinga. Yang terpenting adalah bagaimana cara anda merawat telinga agar kesehatan telinga dapat terjaga.

Baca Juga:

Previous Next Home
Comments
0 Comments