anydaytravel

Apr 27, 2013

Tips Menghindari Kecelakaan Di Jalanan

Kecelakaan adalah mimpi buruk bagi semua orang mulai dari pejalan kaki, pengendara sepeda motor, pengendara mobil, penumpang dan lain-lain. Namun di bawah ini ada beberapa tips menghindari kecelakaan atau setidaknya untuk meminimalisir kejadian buruk di jalanan.

Namun sebelum membaca tips menghindari kecelakaan, yang terpenting dari semuanya adalah berdo’a sebelum anda melakukan perjalanan ke suatu tempat agar diri anda selalu dilindungi oleh sang pencipta.

Jika sudah berdo’a, maka hal-hal di bawah ini mungkin perlu anda perhatikan agar diri anda bisa terhindar dari kecelakaan yang selama ini menjadi mimpi buruk bagi semua orang.

  • Cek Kendaraan
Ini merupakan hal terpenting yang anda harus lakukan sebelum berangkat. Cek kendaraan anda apakah kendaraan tersebut layak untuk dipakai dengan jarak tempuh yang akan anda telusuri. Jika tidak, maka benahi atau cari kendaraan lain agar perjalanan anda bisa lebih terasa nyaman dan aman.

  • Ketauhi Jalanan
Nah setiap bepergian cobalah untuk mencari informasi tentang jalan-jalan yang ingin anda telusuri. Carilah jalan yang sekiranya aman dari kejahatan, selain itu usahakan untuk menghindari tempat-tempat yang rawan kecelakaan. Misalkan tak ada jalan lain, maka yang perlu anda lakukan adalah meningkatkan kewaspadaan dan harus fokus serta berhati-hati saat melewati jalan tersebut.

  • Ngantuk
Duaaaaaar..!! Kurang lebih begitu lah bunyi kecelakaan. Nah, ketika di introgasi ternyata penyebabnya adalah sopir yang ngantuk. Pasti anda sudah sering mendengar hal tersebut kan. Nah, untuk itu lah jangan pernah mengemudi dalam keadaan mengantuk.

Saran dari kami adalah cari tempat-tempat peristirahatan yang aman sehingga anda bisa beristirahat atau tidur agar badan kembali sehat dan anda pun bisa meneruskan perjalanan tanpa rasa ngantuk. Dengan begitu, maka perjalanan anda bisa semakin aman.

  • Mabuk
Sebagian besar kecelakaan adalah diakibatkan oleh supir yang mabuk, baik karena pengaruh alkohol maupun akibat obat-obatan. Yang jelas jika dalam kondisi mabuk, haram kan diri anda untuk berkendara.

  • Ponsel
Nah ini dia yang menjadi masalah yang sering disepelekan. Diartikel sebelumnya, kita sudah membahas Cara Membalas SMS Saat Berkendara. Bagi yang belum baca, silahkan baca terlebih dahulu. Jika belum, maka jangan pernah membalas SMS atau mengangkat telepon saat sedang berkendara.

  • Emosi
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang yang sedang emosi akan kehilangan sekitar 40% akal sehatnya. Buktinya adalah banyak orang yang melakukan hal-hal negatif seperti minum-minuman keras, berkelahi dan lain sebagainya akibat dirinya lepas kontrol akibat emosi yang berlebihan.

Lalu apa hubungan orang emosi dengan bahaya mengendarai? Penelitian lain membuktikan bahwa orang yang mengebut di jalanan sebagian besar adalah orang-orang yang sedang emosi dan tak jarang dari mereka terlibat dalam suatu kecelakaan karena lepas kendali saat berkendara.

Pasti anda sering menonton sebuah sinetron atau film yang mempunyai adegan jika orang yang sedang emosi akan memacu kencang kendaraannya. Ya, itu memang sebuah kenyataan. So, orang emosi adalah orang-orang yang membahayakan diri sendiri dan orang lain ketika ia berkendara.

  • Mengobrol Dengan Penumpang
Supir seharusnya berkonsentrasi pada jalanan. Hindari mengobrol terlalu asik dengan para penumpang. Tapi bukan berarti supir dilarang mengobrol dengan penumpang ya, karena pada dasarnya mengobrol dapat menghilangkan rasa ngantuk. Yang dimaksud adalah hindari mengobrol terlalu asik yang dapat menghilangkan konsentrasi berkendara. 

  • Jauhi Angkot, Kopaja Dan Kendaraan Umum Lainnya
Seperti yang kita ketahui, beberapa kota di Indonseia khususnya di Jakarta telah dipenuhi dengan supir-supir kendaraan umum seperti angkot dan kopaja yang tak takut dengan kematian dan kecelakaan.


Jika dengan kecelakaan dan kematian saja mereka tak takut, bagaimana mereka mau berhati-hati di jalan. So, lebih baik jauhi jarak kendaraan anda dengan mereka.

  • Patuhi Rambu Lalu Lintas Dan Papan Peringatan
Rambu lalu lintas merupakan panduan penting agar anda terhindar dari kecelakaan. Selain itu, papan-papan peringatan tentang waspada kecelakaan dan batas maksimum kecepatan juga perlu diperhatikan.  

Coba lihat papan peringatan disamping. "Dilarang Kecelakaan Disini." Patuhi lah, pasti selamat.

Itulah beberapa tips menghindari kecelakaan versi Informasi Gaya Hidup Modern. Semoga bermanfaat dan bisa membuat diri anda selamat sampai tujuan.


Baca Juga:

Previous Next Home
Comments
0 Comments