Apr 1, 2013

Cara Mudah Mengatasi Insomnia

Di artikel yang sebelumnya, Informasi Gaya Hidup Modern sudah membahas Cara Mengatasi Insomnia Secara Singkat, jangan khawatir kalau diantara kalian masih ada yang belum berhasil dengan cara tersebut. Yang harus anda lakukan hanyalah mencari cara lain untuk mengatasi masalah insomnia yang sangat mengganggu tersebut.

Lalu cara apa saja yang harus anda lakukan? Ya, jawabannya ada di bawah ini:

  • Jangan Menetap Di Tempat Tidur
Ya, sebaiknya anda pergi membaca buku atau aktifitas ringan lainnya. Tapi ingat, aktifitas yang sekiranya bisa membosankan. Jangan SMS, telepon, internetan atau main game karena hal tersebut justru akan membuat anda semakin asik dan makin sulit untuk tidur.

Jika anda mulai bosan atau tubuh dan mata anda sudah lelah dengan aktifitas tersebut, maka kemungkinan besar anda akan tertidur dengan sendirinya.

  • Hindari Alkohol
Minuman dengan kadar alkohol tertentu bisa menimbulkan masalah pada tidur anda. Misalkan sulit tidur atau sering terbangun ditengah malam karena alkohol sendiri bisa meningkatkan rasa gelisah.

  • Hindari Internet
Ini sudah dibahas pada artikel sebelumnya, namun kita akan membahasnya kembali dengan lebih dalam. Intinya jangan cek handphone atau internet anda, terutama di jejaring sosial. Selain itu, para peneliti di Jerman telah membuktikan bahwa frekuensi cahaya pada benda-benda elektronik seperti handphone, laptop, komputer atau lainnya bisa menjaga dan mempengaruhi otak sehingga otak bisa terus-menerus aktif sepanjang malam.

  • Hindari Kafein
Kafein adalah sebuah kandungan yang bisa ditemui di dalam teh, kopi, coklat dan beberapa minuman atau makan lainnya. Selama ini kafein dipercaya dapat menghilangkan ngantuk, terutama di kopi karena kopi memang mengandung kafein jauh lebih tinggi ketimbang jenis makanan atau minuman lainnya.

Penjelasan sesungguhnya dari kafein adalah bahwa kafein mempunyai dampak meningkatkan kinerja jantung saat dikonsumsi. Kerja jantung yang berdetak lebih cepat bagaikan memacu dan memompa darah lebih cepat sehingga tubuh anda terasa lebih segar dan lebih bersemangat, jadi wajar lah jika rasa kantuk pun hilang.

Intinya kafein adalah pembangkit semangat dan bisa membuat tubuh lebih segar. Dampak kafein pada kopi biasanya berlangsung selama 6 jam. Jadi usahakan jangan minum kopi selama 6 jam sebelum tidur.

  • Hindari Olahraga Sebelum Tidur
Olahraga memang sangat baik untuk tubuh. Namun hindari berolahraga dua jam sebelum tidur karena saat anda tidur, tubuh anda memerlukan suhu tubuh yang sedikit rendah. Sedangkan olahraga sendiri bisa meningkatkan suhu tubuh dan membuat anda agak sulit untuk tidur.

  • Jangan Bekerja Di Tempat Tidur
Otak bisa memprogram secara otomatis tanpa anda perintahkan. Jika anda bekerja ditempat tidur, maka secara otomatis otak akan memprogram tempat tersebut sebagai tempat kerja anda sehingga tempat tidur anda pun menjadi tempat dimana anda merasakan stres.

  • Jangan Terlalu Sering Mengecek Jam
Terlalu sering mengecek jam hanya akan membuat anda semakin gelisah dan panik. Hal tersebut secara otomatis akan membuat diri anda semakin sulit untuk tidur.

Oke, mungkin beberapa hal diatas perlu anda lakukan demi mendapatkan kenyamanan saat tidur. Jika ada tambahan silahkan berbagi dengan kami dan lainnya di kolom komentar yang sudah disediakan.

Baca Juga:

Previous Next Home
Comments
0 Comments