Mar 26, 2013

Jenis Makanan Dan Minuman Yang Kurang Baik Bagi Kulit

Penikmat wisata kuliner mungkin sudah pernah mencicipi berbagai jenis makanan atau minuman di Indonesia. Tapi tahukah anda ada beberapa jenis makanan dan minuman yang kurang baik untuk kesehatan kulit?

Ya, di dunia ini ada banyak jenis-jenis makanan atau minuman yang bisa anda konsumsi. Akan tetapi, setiap makanan dan minuman yang anda konsumsi itu mempunyai dampak tersendiri bagi tubuh. Tentu ada positif dan negatif.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang mempunyai dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh terutama pada kulit anda.

  • Kafein
Kandungan kafein terutama pada kopi memang dipercaya dapat membuat tubuh anda makin segar dan semangat serta menghilangkan rasa ngantuk. Akan tetapi, beberapa penelitian di Jerman telah membuktikan bahwa Hormon Kortisol pada tubuh bisa meningkat ketika anda mengonsumsi kafein. Hal tersebut bisa berdampak pada penuaan dini alias bisa membuat kulit anda cepat keriput dan rusak.

Selain penuaan dini, mengonsumsi kafein dengan kadar tertentu bisa membuat kulit terlihat kusam dan kering.

  • Gorengan
Pagi-pagi memang nikmat jika sarapan dengan gorengan. Namun, jenis makanan yang digoreng tersebut bisa berdampak negatif pada kulit. Pori-pori kulit bisa tersumbat sehingga jerawat, bakteri dan berbagai hal negatif lainnya bisa muncul jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng. Selain itu, penyumbatan pori-pori juga bisa membuat kulit anda terkelupas.

  • Garam
Kerutan halus bisa saja muncul di kulit anda jika mengonsumsi garam dengan kadar berlebih. Selain itu, mata bengkak dan dehidrasi bisa menjadi masalah yang lebih serius jika anda menggunakan garam terlalu berlebih untuk menambah rasa makanan.

  • Gula
Untuk perawatan kulit secara maksimal, kurangi mengonsumsi gula secara berlebihan agar kulit cantik anda tetap terjaga.

  • Alkohol
Tak jauh berbeda dengan kafein, mengonsumsi alkohol yang biasanya tercampur dalam bir atau pun minuman lainnya dapat membuat kulit tampak kusam dan kering. Selain itu, alkohol juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap dan perut kembung alias buncit tergantung reaksi tubuh anda.

Alkohol juga dinilai kurang baik bagi kesehatan organ-organ tubuh lainnya seperti ginjal, jantung dan lain sebagainya. Jika anda memang penikmat alkohol, usahkan kurangi pengonsumsiannya dan perbanyak minum air putih demi menstabilkan cairan dalam tubuh.

  • Saran
Kurangi mengonsumsi makanan atau minuman diatas. Lakukan olahraga secara rutin serta konsumsi buah-buahan dan sayuran agar kulit terlihat kencang, bercahaya dan mulus. Perbanyak minum air putih dan jangan ragu untuk melakukan perawatan kulit yang telah disarankan oleh dokter kulit.

Baca Juga:

Previous Next Home
Comments
0 Comments