Mar 7, 2013

Tanda-Tanda Kerusakan Mata Pada Anak Dan Cara Mencegahnya

Gaya hidup anak-anak jaman sekarang memang berbeda dengan anak-anak jaman dulu. Oleh karena itu, di era serba modern ini kita sering berjumpa dengan anak yang memiliki kerusakan pada mata anak tersebut.

Entah apa yang menjadi penyebab utamanya, jaman sekarang sering kali kita menemukan anak kecil yang sudah memakai kaca mata. Sungguh hal yang tergolong aneh karena bocah seusia mereka yang seharusnya memiliki pengelihatan yang baik justru harus memakai kaca mata.

Walau aneh, namun hal tersebut merupakan hal yang sangat nyata. Sebagian besar penyebabnya adalah kesalahan orang tua yang kurang pandai merawat mata anak-anaknya sehingga mereka harus tumbuh dengan kaca mata.

Sesungguhnya anak-anak pengguna kaca mata tersebut mempunyai tanda-tanda awal jika mata mereka rusak. Dan berikut adalah hal-hal yang perlu anda ketahui untuk mendeteksi apakah anak anda calon pengguna kaca mata sejak dini atau tidak:

  • Berdiri Dekat Televisi
Berdiri dekat televisi mungkin hal yang wajar bagi balita karena televisi sendiri merupakan benda yang menarik untuk mereka. Namun yang perlu diperhatikan orang tua adalah apakah anaknya tersebut berdiri karena memang tertarik dengan televisi atau karena memerlukan jarak yang dekat karena pandangannya kabur.

  • Sulit Fokus
Keseringan menggosok mata atau sulit memfokuskan diri pada sebuah objek bisa menjadi salah satu tanda bahwa anak tersebut mempunyai pandangan yang rabun.

  • Belajar terganggu
Jika sedang belajar di rumah, maka perhatikan anak tersebut apakah jarak ia membaca dalam taraf yang normal atau tidak. Jika tidak, maka anda bisa langsung menanyakan padanya apakah ia memiliki masalah pada matanya.

  • Mata Merah Dan Berair
Mengeluarkan air mata saat menonton atau membaca bisa saja menjadi tanda-tanda kerusakan mata pada anak-anak. Selain itu mata yang berwarna merah juga patut diwaspadai.

  • Pusing
Saat anak anda mengeluh karena pusing di bagian antara kedua alis mata maka anda perlu waspada. Bisa saja hal tersebut menjadi tanda-tanda bahwa anak anda mempunyai masalah pada matanya.


Pencegahan

Sebelum atau saat tanda-tanda itu mulai terjadi, sebaiknya anda perhatikan pola makan si kecil dengan cara menambahkan sedikit wortel atau makanan lainnya yang mengandung Vitamin A yang tentu saja baik untuk kesehatan mata si kecil.

Selain itu, kurangi aktivitas anak di depan monitor seperti Televisi, komputer, laptop, handphone dan benda lainnya. Bekali juga si kecil cara membaca yang baik dan benar agar matanya terjaga.

Hindari mata anak dari cahaya yang berlebihan karena hal tersebut sangat tidak baik. Jika si kecil sering melihat cahaya yang terlalu terang maka kemungkinan matanya rusak akan semakin besar.

Baca Juga:

Previous Home
Comments
0 Comments