Mar 18, 2013

Minuman Yang Kurang Baik Jika Diseduh Dengan Air Panas

Salah satu kebiasaan manusia khususnya masyarakat Indonesia adalah menyeduh secangkir atau segelas minuman dengan menggunakan air panas seperti menyeduh kopi, teh dan minuman lainnya.

Akan tetapi, ada beberapa minuman yang ternyata kurang baik jika diseduh dengan menggunakanair panas atau air mendidih. Beberapa kandungan baik dalam minuman tersebut bisa saja luntur atau hilang jika cara penyeduhan yang tidak benar.

Lalu minuman apa saja yang kurang baik jika diseduh dengan air panas..? Berikut adalah penjelasan dari Dr. Samuel Oetoro yang merupakan salah satu penulis dari buku yang berjudul Smart Eating tentang minuman yang kurang baik untuk diseduh dengan air mendidih.

  • Teh Hijau
The hijau akan lebih baik dikonsumsi jika diseduh dengan air hangat bersuhu dibawah 70 derajat Celsius. Antioksidan berupa zat epigallotechin gallate dalam teh hijau bisa rusak jika diseduh dengan air yang terlalu panas.
Tambahan: Untuk teh celup biasa, biasakan celup teh kedalam air hangat cukup tiga kali saja. Hal tersebut disarankan agar pengawet yang ada di dalamnya tidak ikut larut kedalam teh.

  • Jeruk
Air jeruk hangat memang nikmat jika dikonsumsi saat cuaca dingin. Namun jika cara penyeduhannya salah, maka kandungan vitamin C dalam jeruk tersebut bisa rusak. Cara menyeduh air ceruk yang benar adalah dengan menggunakan air dibawah 50 derajat Celsius.

  • Susu
Protein dalam susu lah yang bisa rusak jika diseduh dengan air panas, terutama pada susu bubuk. Seduh lah susu dengan air bersuhu dibawah 80 derajat Celsius demi menjaga kandungan proteinnya.

Baca Juga:

Previous Next Home
Comments
0 Comments